Friday, May 6, 2016

Cara Memperbaiki HP Android yang Mati Total atau Bootloop

Advertisement

Cara Mengatasi HP Android yang Mati Total, Bootloop atau Hard Brick seringkali kita alami dimana android tidak mau hidup sama sekali atau bootloop, sangat kesal dan bingung mau diapakan android yang mati total atau bootloop. ternyata sangat mudah sekali untuk memperbaiki handphone android yang mati total atau hard brick dengan cara install ulang system pada android. 

Kita seluruhnya pasti tahu apakah itu brick. Bukanlah brick bata tetapi brick crash. Brick, pada Android biasanya dibedakan jadi dua jenis. Pertama, Soft Brick atau yang di kenal juga sebagai Android mati suri. Yakni suatu keadaan di mana smartphone Android stuck di boot logo karena crash/error pada sistem. Dalam masalah ini, langkah perlakuannya masih tetap termasuk gampang.

Baca juga : Cara Mudah Root dan Install CWM Smartfren Andromax C Jelly Bean
Baca juga : Daftar Kumpulan MOD Script Tweak Build.prop Sony Experia All Device

Ke-2, ada yang namanya Hard Brick dengan kata lain Android matot (mati keseluruhan). Keadaan ini telah jauh sekali tidak sama dengan brick biasanya. Hard Brick yaitu suatu situasi di mana smartphone tak dapat diapa-apakan sekalipun. Umumnya ini telah menyangkut rusaknya hardware yang sangat kronis. 

Cara Memperbaiki HP Android yang Mati Total atau Bootloop


Tanda-tanda kerusakan android Soft Brick : 
  • Monitor dapat menyala tetapi stuck di boot logo animation 
  • Dapat bergetar 
  • LED masih tetap menyala 

Bila salah satu/seluruhnya ciri di atas masih tetap ada, kemungkinan hp Android anda masih tetap dapat diselamatkan. Apabila tak, (monitor mati, tak bergetar, serta LED tak menyala sekalipun, ditekan tombol power tak ada reaksi apa-apa) mungkin saja itu Hard Brick. 

Mungkin saja anda pernah alami Soft Brick pada saat ganti font Android Jelly Bean/ICS atau pada saat install custom rom Android serta flash kernel Android. Bila flashing kernel masih tetap pada type smartphone yang sama mungkin saja itu bukanlah jadi permasalahan. Cobalah saja anda flash kernel smartphone lain contoh kernel Samsung Galaxy SIII anda flash ke Xperia Neo L. Mungkin segera Hard Brick. 

Melakukan perbaikan hp Android yang mati keseluruhan, tak dapat kita kerjakan sendirian. Prinsipnya seperti ini, 
  • Bila hp Android anda masih tetap dapat booting tetapi stuck di boot logo, silakan Wipe Data & Cache melalui Recovery Mode 
  • Bila Wipe Data & Cache melalui Recovery Mode gagal tetapi anda masih tetap dapat masuk ke Recovery, flash ROM lain 
  • Bila hp Android anda tak dapat booting/tak dapat menyala tetapi LED dapat berkedip serta masih tetap dapat masuk ke Flash Mode & Download Mode, flash lagi firmware anda lewat PC 
  • Bila smartphone Android anda di rasa betul-betul Hard Brick, (monitor mati, tak ada getar, LED tak menyala, tombol power tak merespon) silakan anda bawa ke Service Center paling dekat. Katakan peristiwa yang menerpa anda waktu itu, atau cukup katakan " Saya tidak paham apa pemicunya, mendadak saja smartphone saya tidak ingin menyala ". Kenapa Service Center? Lantaran tukang service umum rata-rata tidak ingin terima hape yang kondisinya seperti ini
Semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk anda semua.. :)

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memperbaiki HP Android yang Mati Total atau Bootloop

0 comments:

Post a Comment