Lebih Hemat dan Lebih Cepat dengan Internet 4G

Advertisement

Di era digital seperti sekarang, akses internet cepat menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terelakkan. Tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga menjadi faktor penting penunjang pekerjaan. Menyikapi kondisi tersebut, operator telepon di tanah air pun berlomba-lomba menyediakan paket data internet cepat kepada masyarakat. 

Dengan beragam pilihan paket yang ditawarkan, masyarakat bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. Ada yang butuh akses internet cepat dan stabil, ada pula yang menginginkan internet murah. Selain itu, tak sedikit pula yang mengharapkan komunikasi suara jernih VoLTE yang memanfaatkan jaringan 4G. 

Idealnya, seorang pengguna ponsel berharap bisa memperoleh akses internet yang cepat, berkualitas, serta murah. Dengan begitu, pulsa yang tersimpan di nomor telepon bisa dihemat semaksimal mungkin. Namun, apakah hal tersebut bisa dijumpai di tanah air? 

Faktor yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Layanan 4G

Faktor yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Layanan 4G
sumber : produkunik.com
Faktor

Jangan mengambil kesimpulan negatif terlebih dulu. Apalagi, pilihan paket internet murah kini bisa diperoleh dengan mudah. Di samping itu, operator juga berlomba-lomba meningkatkan pelayanannya. Termasuk di antaranya adalah pengadaan jaringan 4G. 

Dari beragam pilihan paket internet 4G yang ditawarkan oleh operator telepon di Indonesia, mana yang menawarkan keuntungan lebih banyak? Sebagai panduan dalam memilih jenis paket internet cepat, Anda bisa mempertimbangkan tiga faktor berikut ini:

  • Cakupan Jaringan


Cakupan Jaringan

Sumber: eizuan.com
Cukup Jaringan
Memilih operator dengan cakupan jaringan 4G yang paling luas tentu menjadi pertimbangan utama. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh akses internet super cepat di area yang lebih luas. 

Informasi ini pun bisa diperoleh dengan mudah. Caranya, cukup berkunjung ke situs resmi masing-masing operator. Di situ, Anda akan mengetahui seberapa luas jangkauan jaringan 4G dari masing-masing perusahaan. 

  • Pilihan paket data internet
Pilihan paket data internet
sumber : monitis.com


Pilih Paket data Internet
Selain cakupan, Anda juga harus memperhatikan paket internet yang ditawarkan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membandingkan fasilitas masing-masing operator, di antaranya dengan mengunjungi situs mereka satu per satu.

Untuk solusi yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi Traveloka. Di sini, Anda bisa melihat beragam pilihan paket internet dari masing-masing operator untuk mengetahui keunggulan masing-masing paket. Anda tidak hanya bisa membandingkan harga dan  kuota yang diperoleh, namun juga fasilitas lain yang ditawarkan. Selanjutnya, tinggal memilih paket yang cocok dengan kebutuhan. 

Di saat yang bersamaan Anda juga bisa beli pulsa dari Traveloka.  Di samping kebutuhan paket internet, pulsa juga menjadi lebutuhan yang masih harus dipenuhi. Selain untuk memperpanjang masa aktif sim card juga untuk dipergunakan jika sewaktu-waktu mengalami kondisi darurat—termasuk saat harus menghubungi pihak lain yang tidak terkoneksi dengan internet.
  • Teknologi yang digunakan
Teknologi yang digunakan
sumber : arenalte.com

Teknologi yang di Gunakan
Jaringan 4G memang menjanjikan akses internet super cepat. Hanya saja, Anda perlu tahu, teknologi ini juga terbagi menjadi beberapa jenis didasari standar internasional yang dikeluarkan oleh International Telecommunication Union (ITU), yaitu:

4G LTE

4G LITE
sumber : intiteknologi.co.id

4G LITE
Teknologi jaringan ini pertama kali digunakan di Stockholm, Swedia dan Oslo, Norwegia pada tahun 2009. Teknologi ini menawarkan kecepatan unduh mencapai 100 Mbps. Sementara itu, kecepatan unggah maksimalnya berada di angka 50 Mbps. 

4G LTE Advanced
4G LTE Advanced
sumber : telko.id

4GLTE Advanced
Sesuai dengan namanya, 4G LTE Advanced atau biasa disebut 4G LTE-A merupakan pengembangan teknologi 4G LTE. Kecepatan akses internet dengan jaringan ini pun jauh lebih tinggi. Kecepatan maksimal saat mengunduh mencapai angka 1 Gbps. Sementara itu, kecepatan maksimal saat mengunggah data mencapai angka 500 Mbps.

Mobile WIMAX
Mobile WIMAX
sumber : cisco.com

Mobile WiMAX
Jaringan 4G ini pertama kali digunakan pada tahun 2006 di Korea Selatan. Teknologi inilah yang memperoleh sebutan sebagai jaringan 4G. Sebagai generasi terdahulu, kecepatannya pun lebih rendah dibandingkan dua jenis teknologi 4G lainnya. WiMAX memiliki kecepatan download maksimal di angka 128 Mbps. Sementara itu, kecepatan upload maksimal di angka 56 Mbps. 

Meski begitu, tak menutup kemungkinan kemunculan teknologi jaringan baru yang menawarkan kecepatan lebih tinggi dibandingkan 4G. Apalagi kebutuhan akses internet semakin hari semakin besar. Para peneliti pun sudah mulai mengembangkan teknologi 5G. Hanya saja, penggunaan teknologi 5G secara komersial masih membutuhkan waktu. 

Dengan mempertimbangkan tiga faktor tersebut, Anda bisa menghemat pulsa dan tetap memperoleh akses internet super cepat. Ingat, pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lebih Hemat dan Lebih Cepat dengan Internet 4G